ASAS, TUJUAN DAN USAHA

Asas

Perhimpunan ini berasaskan Islam, yang dalam amaliahnya berpedoman kepada al-Quran dan as-Sunnah menurut pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, dan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan
Pancasila.

Tujuan

Tujuan Perhimpunan adalah terwujudnya pribadi, keluarga, masyarakat, Bangsa, negara dan peradaban yang diridai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Usaha

(1) Membina dan mengembangkan ajaran Islam menurut pemahaman Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang tepat dan benar serta menjalankan amar ma’ruf nahyi munkar, menuju tegaknya aqidah dan terlaksananya Syari’at Islam secara kaffah.

(2) Meningkatkan ghirah umat untuk beramal ibadah dan bermu’amalah yang Islami.

(3) Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan dakwah, pendidikan, pelatihan dan pengajaran Islam dalam arti yang seluas-luasnya.

(4) Membangun dan mengembangkan nilai-nilai Islam dalam fikrah, akhlak dan adat istiadat pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa menuju terwujudnya kebudayaan dan peradaban yang Islami.

(5) Membangun dan mengembangkan kesatuan imamah dan jama’ah umat Islam yang berbasis pada masjid.

(6) Membangun dan mengembangkan ummatan wasathan dengan sikap jihad, ijtihad, kepedulian, kesetiakawanan dan kemitraan sosial dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

(7) Mengembangkan potensi sosial-ekonomi masyarakat berbasis sumber daya manusia dan sumber daya alam menuju kemandirian umat yang Islami.

(8) Membangun/mendirikan dan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan, sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya.

(9) Usaha-usaha lain yang sesuai dengan tujuan PUI.

Back to top button