Begini Tahapan New Normal Versi Dewan Pakar PUI
Anggota Dewan Pakar PUI sedang melaksanakan dialog interaktif melalui aplikasi zoom yang disiarkan langsung melalui akun Facebook PUI, Selasa (16/6)

Begini Tahapan New Normal Versi Dewan Pakar PUI

Dalam dialog interaktifnya yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom, Dewan Pakar Persatuan Ummat Islam, menjelaskan beberapa tahap persiapan New Normal.

“Melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap semua langkah dan hasil penanganan pandemi dari Gugus Tugas dan semua stakeholder terkait,” kata Netty Prasetiyani, selaku Dewan Pakar PUI, dalam serial Dialog PUI yang diberi tema “Bagaimana Strategi Menghadapi New Normal?”, Selasa (16/6).

Dialog PUI yang disiarkan secara live melalui Media Sosial ini dimoderatori oleh Iwel Sastra.

Masih dalam dialog yang sama, menurut Dewan Pakar PUI yang lainnya, Sigit PW Jarot, harus ada persamaan persepsi antara pemerintah dengan masyarakat terkait apa itu New Normal.

Kata Jarot, Pemerintah juga harus memastikan kesiapan infrastruktur di tempat-tempat berkumpulnya banyak orang.

“Memastikan ketersediaan dan kesiagaan semua fasilitas kesehatan, alat kesehatan dan tenaga kesehatan,” tuturnya.

Sedangkan menurut Luki Abdullah yang juga Dewan Pakar PUI, Pemerintah harus memastikan komunikasi, informasi dan edukasi dan sosialisasi terkait konsep new normal dan protokol kesehatan sudah merata kesemua lapisan.

Baru setelah itu, menurut Guru Besar Peternakan IPB ini, pemerintah bisa melakukan uji coba new normal di daerah-daerah tertentu yang dinilai aman.

“Memulai new normal sebagai uji coba di daerah yang sudah memenuhi syarat dengan evaluasi ketat dalam kurun waktu sepekan, kemudian dilakukan evaluasi,” katanya.

Next PostRead more articles