Kana Kurniawan Sebut Insiden Meninggalnya Enam Laskar FPI Dapat Dihindari dengan Upaya Preventif dan Peringatan
Ketua Umum PP Pemuda PUI, Kana Kurniawan menyatakan bahwa Pemuda PUI ikut mengambil sikap atas insiden yang menewaskan enam laskar FPI pada Senin (7/12). (Foto: Humas PUI)

Kana Kurniawan Sebut Insiden Meninggalnya Enam Laskar FPI Dapat Dihindari dengan Upaya Preventif dan Peringatan

JAKARATA – Sebagai sesama anak bangsa, Pengurus Pusat Pemuda Persatuan Ummat Islam (PP Pemuda PUI) ikut menyayangkan terjadinya insiden meninggalnya enam laskar FPI yang terjadi pada Senin (7/12) dinihari di Ruas Tol Jakarta-Cikampek dalam rombongan pengajian MRS.

Seperti disampaikan Ketua Umum PP Pemuda PUI, Kana Kurniawan, Selasa (8/12). Menurutnya, insiden itu dapat dihindari dengan upaya-upaya preventif dan peringatan. Apalagi, MRS selaku pimpinan dari FPI, akan diminta keterangan terkait kerumunan masa di Petamburan dan Megamendung di tengah pandemi.

Atas insiden itu, lanjut Kana, perlu informasi jernih dan fakta sesungguhnya secara terang benderang, dari penyelidikan independen melalui Tim Pencari Fakta bentukan presiden yang melibatkan Komnas HAM.

“Itu kejadiannya malam hari dan sedikit informasi yang diperoleh masyarakat. Itu perlu diungkap ke publik secara transparan. Informasi yang beredar tidak mengarah kepada dugaan dan hoaks yang bisa memperkeruh suasana dan memprovokasi masa,” ujar Kana.

PP Pemuda PUI, sebut Kana, menyerukan kepada semua pihak, baik itu aparat kepolisian dan FPI, untuk menahan diri demi ketertiban hukum, dalam semua proses peristiwa yang terjadi dari hulu ke hilir. Terlebih dalam upaya pencegahan covid-19, sebagai isu krusial yang perlu keterlibatan semua elemen.

“Kita (PP Pemuda PUI) mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, untuk terus mengawal setiap isu-isu penting. Seperti belum lama ini, contohnya UU Omnibuslaw, Korupsi KKP, Korupsi Bansos di Kemensos dan proses Pilkada pada 9 Desember 2020 (besok). Pilkada akan melahirkan pemimpin yang sangat menentukan masa depan bangsa dan daerah,” tuturnya.

Tak lupa, PP Pemuda PUI juga ikut mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk terus mewaspadai covid-19.

“Kita juga harus terus berdoa untuk terhindar juga dari masalah covid-19, termasuk tetap menjaga jarak, menjaga imun, tidak berkerumun dan selalu tawakal kepada Allah SWT,” tutupnya.  (**)