AgamaDakwah

PUI Terbitkan Panduan Penyelenggaran Kegiatan Ramadhan 1443 H / 2022 M

PUI.OR.ID –  Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ummat Islam (PUI) menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ramadhan 1443 H / 2022 M yang disusun oleh Bidang Dakwah, Rekrutmen dan Pembinaan Anggota.

Dalam panduan ini terdapat 3 panduan yaitu kegiatan sebelum, selama dan sesudah Ramadhan. Kegiatan selama Ramadhan dicontohkan seperti ifthar jamai bersama keluarga, halaqah Quraniyah, pesantren kilat di sekolah, kantor, dan sebagainya.

Dalam panduan ini juga dijelaskan 3 tahapan amaliah Ramadhan, yaitu amaliah sebelum, selama dan sesudah Ramadhan. Amaliah selama Ramadhan dicontohkan seperti kewajiban puasa Ramadhan, banyak berinfak, memburu malam Lailatul Qadar, dan seterusnya.

Panduan ini juga menjelaskan bahan pelengkap yaitu silabus taklim dan ceramah Ramadhan. Seperti materi Kunci Sukses Puasa itu terdiri dari (a) Luruskan niat hanya karena Allah, (b) Sesuai dengan aturan syari’at, (c) Mengonsumsi makanan yang halal dan baik, dan seterusnya.

Terdapat 30 materi silabus yang dapat mengisi 30 hari taklim dan ceramah selama bulan Ramadhan. Dilampirkan juga 47 hadis untuk menunjang silabus taklim dan ceramah tersebut.

Related Articles

Back to top button