Kabar DaerahSiaran Pers

Ust Eman Suherman Terpilih Sebagai Ketua PD PUI Kabupaten Subang Hasil Musda ke-VI

SUBANG – Pengurus Daerah Persatuan Ummat Islam (PD PUI) Kabupaten Subang, menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI, yang digelar di Grant Hotel Subang, Sabtu (12/12). Acara tersebut, dibuka langsung Wakil Bupati Subang, Agus Masykur yang disertai Ketua DPW PUI Jawa Barat, KH. Engkos Kosasih serta tamu undangan lainnya.

Dalam Musda ke-VI ini, Ust Eman Suherman, SE., terpilih sebagai Ketua PD PUI Subang. Dan pemilihan ketua baru itu, disertai juga Dr. Encep Sugiana sebagai Dewan Pertimbangan Daerah, Drs H Sahyat Sobarna sebagai Dewan Syari’ah Daerah, H. Gaos Silahudin sebagai Dewan Pakar PUI Subang serta dra. Muhayaroh Apt sebagai Ketua Wanita PUI Subang.

Ketua PD PUI Subang yang baru, Ust Eman Suherman, SE., mengatakan, bahwa jabatan itu merupakan titipan. Dirinya harus amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua PD PUI di Kabupaten Subang.

“Yang pertama, tentu saja pribadi, ‘Inalillahi Wainalillahi Rojiun’ karena ini sebuah amanah. Ini sangat besar dan amanah ini sangat berat, karena sebagai kader, ‘samina wa athona’. Prajurit ditempatkan di mana saja siap, Inysa Allah, mudah-mudahan kedepan PUI Kabupaten Subang lebih maju, lebih berakar dan lebih bermartabat, khususnya Pui di Kabupaten Subang,” katanya.

Atas terpilihnya Ketua PD PUI Subang yang baru, Ketua PW PUI Jawa Barat, KH. Engkos Kosasih mengucapkan selamat karena telah menjalankan proses demokrasi berupa Musda. Sebab dalam musda, kata dia, merupakan momen kebersamaan dan penguatan.

“Musda dalam rangka ngaprak dan harus perkuat jaringan dan dekat dengan masarakat, agar mengenal dengan PUI. Jangan sampai jaga jarak dengan masarakat,” ucapnya.

KH. Engkos Kosasih juga menyampaikan, PUI telah melahirkan pejuang-pejuang bangsa pencetus Kemerdekaan RI. Dimana ada tiga orang yang berperan dalam BPUPKI dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

“PUI menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perjuangan bangsa ini. Hal ini harus dijadikan contoh, agar kita sebagai penerus organisasi PUI, dalam berjuang membangun bangsa. Kehadiran umaro, dalam hal ini wakil bupati Subang, akan semakin menguatkan, bahwa PUI siap bersinergi dengan pimpinan di daerah dalam program-program kebaikan,” tuturnya.

Hasil musda ini, disambut baik juga Ketum Pemuda PUI Subang, Wawan Gunawan, S.STP, M.AP. Dia juga mengajak kepada seluruh lapisan PUI, untuk mendukung bersama pengurus baru PUI.

“Dengan semangat pak Ust Eman yang masih muda dan enerjik, mudah-mudahan bisa mambawa PUI Subang kedepan lebih baik lagi. Pengkaderan harus terus ditingkatkan, program-program kemanusiaan dan syiar dakwah terus digaungkan tanpa harus menunggu ‘anggaran’ dari pemerintah. Kita harus bida mandiri. Potensi PUI banyak di Subang, banyak aset pendidikan yang belum tergali dengan baik, agar semakin ditingkatkan dan menjadi tempat yang efektif untuk regenerasi syiar PUI,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Subang, Agus Masykur, berharap agar PUI bisa berkembang khususnya di Subang. Hal itu, kata Kang Akur -sapaan akrab- Agus Masykur, dalam rangka kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan ‘Subang Jawara’.

“Apalagi kan era industrialisasi yang terjadi di Subang, harus diimbangi dengan kesiapan mental dan rohani masyarakat. Maka dari itu, PUI sebagai salahsatu ormas Islam, harus berperan aktif dalam menjaga norma-norma yang baik dengan grakan syiar dan dakwahnya,” tukasnya. (**)

Show More
Back to top button