DPD PUI Kota Bandung Dilantik, Siap Rajut Ukhuwah dan Perkuat Islam Washatiyah
Pengambilan sumpah jabatan kepengurusan DPD PUI Kota Bandung Masa Bakti Tahun 2020-2023 dalam acara pelantikan yang digelar Minggu (6/12). (Foto: Humas PUI)

DPD PUI Kota Bandung Dilantik, Siap Rajut Ukhuwah dan Perkuat Islam Washatiyah

BANDUNG – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Ummat Islam (DPD PUI) Kota Bandung Masa Bakti Tahun 2020-2025, resmi dilantik, Minggu (6/12). Atas pelantikan ini, DPD PUI Kota Bandung yang baru, berkomitmen untuk terus meneguhkan peran PUI dalam merajut ukhuwah dan memperkuat Islam washatiyah. 

Komitmen tersebut disampaikan langsung Ketua Umum DPD PUI Kota Bandung, Husni Ahmadi disela pelantikan yang dihadiri Walikota Bandung Oded Muhammad Danial. Dan selain DPD PUI Kota Bandung, pelantikan juga dilakukan kepada pengurus DPD Wanita PUI Kota Bandung, DPD Pemuda PUI Kota Bandung, serta DPD Pemudi PUI Kota Bandung untuk kepengurusan masa bakti yang sama.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPD PUI Kota Bandung menyampaikan, saat ini tidak hanya di Kota Bandung, tapi seluruh dunia sedang diuji dengan pandemi Covid-19. Meskipun demikian, ujian pandemi Covid-19 ini, jangan sampai menurunkan semangat dalam menjalankan perbaikan di tengah masyarakat. Khususnya melalui gerakan Ishlah Tsamaniyah (Delapan Perbaikan) sebagaimana misi dari organisasi PUI.

“Gerakan Ishlah Tsamaniyah itu meliputi perbaikan Akidah, Ibadah, Pendidikan, Keluarga, Masyarakat, Tradisi/Adat, Ekonomi dan Umat. PUI Kota Bandung berharap dapat menjadi mitra strategis Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program kerja bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, serta pelayanan yang bermutu,” katanya.

Dalam menjalankan gerakan Ishlah Tsamaniyah ini, PUI tentu saja tidak dapat berjuang sendirian. Maka dari itu, pihaknya perlu terus merajut ukhuwah membangun kerjasama strategis dengan lembaga lain. Baik itu di tingkat daerah, nasional bahkan hingga internasional.

“Semangat ini sebagaimana pesan Rasulullah SAW, bahwa seorang mukmin bagi mukmin lainnya laksana bangunan, satu sama lain saling menguatkan,” tuturnya.

PUI Kota Bandung, tambah Husni, juga akan berkomitmen dalam memperkuat Islam washatiyah dengan mengedepankan sikap toleransi (tasamuh), seimbang (tawazun) dan moderat (tawassuth).

“Dengan segenap komitmen tersebut, semoga kehadiran pengurus PUI Kota Bandung yang baru dilantik ini, dapat membantu mewujudkan pribadi, keluarga, masyarakat, negara dan peradaban yang diridhai Allah SWT. Aamiin,” harapnya. (**)