Kabar DaerahOpini

Membangun Masa Depan: Refleksi Perjalanan PUI 2023 Menuju 2024 Gemilang

Penulis: H. Raizal Arifin

Sekjen DPP PUI

Tahun 2023 menjadi capaian yang membanggakan dalam perjalanan organisasi dakwah kita. Selama setahun ini, PUI mengalami pertumbuhan dan tantangan yang membuat seluruh warga PUI memperkuat tekad untuk terus berkontribusi pada masyarakat. Salah satu poin penting adalah adaptasi PUI terhadap perubahan dinamika sosial dan teknologi.

Kita berhasil memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah. Pemanfaatan media sosial dan platform daring membantu mencapai audiens yang lebih luas dan beragam. Ini bukan hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga membangun dialog dan keterlibatan yang lebih mendalam dengan masyarakat. Digitalisasi pendataan Anggota lewat KTA-sasi terus bertumbuh. Perguruan tinggi, sekolah dan Pondok Pesantren PUI terus berkompetisi di dunia maya dan digital.

Majelis-majelis dakwah online di lingkungan PUI terus menjamur. Seperti Majelis Ilmi Kajian Ba’da Subuh yang diasuh langsung oleh Ketua Majelis Syuro Ajengan DR Ahmad Heryawan yang mengupas kitab klasik. Taklim Islah yang terus digiatkan oleh Ajengan Eka Herdiana juga terus dilaksanakan secara disiplin, Kemudian kajian-kajian kontemporer yang dengan gesit terus mengudara yang dibuat oleh Waketum Buya DR Wido dan kajian-kajian tematik kontemporer yang dibuat oleh masing-masing Badan otonom.

Namun, di balik kemajuan teknologi, tentu kita menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas dan keautentikan pesan dakwah.

Taklim Islah dan Majelisul Ilmi offline tentu sudah harus mulai dipacu lagi di setiap jenjang struktur sampai ke lembaga-lembaga pendidikan kita. Sehingga basis teritorial dakwah kita selain di dunia maya juga harus hadir di bumi pelosok-pelosok nusantara.

Prestasi kita pun tercermin dalam proyek-proyek sosial yang telah kita laksanakan bersama. Sat set nya Ketua Umum kita Ajengan Nurhasan Zaidi dalam memimpin arah organisasi ini membuat PUI tambah segar dan berdampak. Mulai dari program bantuan kemanusiaan dari mulai Cianjur sampai ke Palestina, kemudian proyek amal Optimalisasi Aset dan Wakaf, Pemantapan Renstra PUI dalam Pendidikan dengan Program Terpadu Pendidikan yang dilaksanakan di beberapa Perguruan PUI, kerja-kerja silent ini semakin terlihat hasilnya Insya Allah. Organisasi dakwah kita pun aktif berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Puluhan ribu bantuan sembako kita distribusikan bekerjasama dengan Polri, Baznas, SKK Migas, PHE Migas , Pertamina serta patungan Pengurus dan Warga PUI untuk ikut membantu sesama.

Ber-PUI-ria Ini untuk kita bukan hanya tentang menyebarkan nilai-nilai dakwah ritualitas agama, tetapi juga memberikan dampak nyata dalam membantu mereka yang membutuhkan. Tentu saja, perjalanan ini tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi kita semua. Semangat sukarela, belajar dari pengalaman dan semakin mendalamnya pemahaman akan tanggung jawab dakwah membentuk fondasi keberlanjutan organisasi ini.

Kita menyadari bahwa dakwah bukan hanya tentang penyampaian pesan, tetapi juga menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat.

Melangkah ke depan di tahun 2024, kita berkomitmen untuk terus memperkuat akar organisasi ini. Pengembangan kepemimpinan, pelatihan anggota, dan eksplorasi inovasi baru menjadi fokus kami. Kami menyambut tahun berikutnya dengan semangat baru untuk terus berdakwah, memberikan manfaat, dan menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

In uriidu ilal islaha mastatothu.

Related Articles

Back to top button