PD Pemuda PUI Indramayu Gelar Muskerda Masa Bhakti 2020-2023
PD Pemuda PUI Indramayu foto bersama disela menggelar Muskerda Masa Bhakti 2020-2023, Rabu (23/12) (Foto: Humas PUI)

PD Pemuda PUI Indramayu Gelar Muskerda Masa Bhakti 2020-2023

INDRAMAYU – Pengurus Daerah Pemuda Persatuan Ummat Islam (PD Pemuda PUI) Kabupaten Indramayu, menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) Masa Bhakti 2020-2023 di Sekretariat PUI Kabupaten Indramayu, Jalan Raya Ujung Aris KM. 10 Desa Ujung Aris, Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Rabu (23/12).

“Musyawarah Kerja Daerah Pemuda PUI Masa Bhakti 2020-2023 ini, diselenggarakan menjelang akhir tahun, agar di awal tahun kita sudah bisa menjalankan kegiatan sesuai apa yang sudah kita musyawarahkan,” kata Ketua Umum PD Pemuda PUI Indramayu, Agus Fidyani, S.Hi.

Dalam Muskerda ini, kata Agus, dihadiri seluruh pengurus PD Pemuda PUI Kabupaten Indramayu dan  perwakilan PC Pemuda PUI se-Kabupaten Indramayu.

“Karena situasi dan kondisi sedang terjadi pandemi Covid-19, jadi hanya perwakilan dari tiap PC Pemuda PUI yang dihadirkan dalam musyawarah ini, mengingat protokol kesehatan harus tetap berjalan,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya Muskerda Pemuda PUI Indramayu Masa Bhakti 2020-2023 ini, pihaknya  berharap agar tersusunnya program-program yang tepat dan berkualitas untuk Generasi Pemuda kedepan. Pihaknya juga mengambil tema “Bersama Pemerintah Membangun Sumberdaya Pemuda yang Religius dan Berwawasan Kebangsaan” dalam muskerda itu.

“Bagaimanapun, pemuda harus bersinergi dengan pemerintahan dalam membangun sumberdaya dan wawasan kebangsaan,” tuturnya.

Masih kata Agus, dengan diselenggarakannya Muskerda Pemuda PUI Indramayu Masa Bhakti 2020-2023, dapat mengembalikan kekuatan Ormas Persatuan Ummat Islam, khususnya Pemuda PUI Indramayu.

“103 Tahun, PUI hadir turut membangun pendidikan di Indonesia semenjak Tahun 1917 sampai dengan sekarang. Dari mulai aset jemaah/keanggotaan, aset pendidikan, aset-aset lainnya harus kita data/database-kan. Saya yakin, PUI Indramayu berada di urutan Nomor tiga setelah NU dan Muhamadiyah dalam segi infrastuktur jemaah/keanggotaan dan lembaga pendidikan,” tukasnya.

Di tempat sama, Sekretaris Umum PD Pemuda PUI Indramayu, Slamet Muhamad Ramdan menjelaskan, alam kepengurusan PD Pemuda PUI Indramayu Masa Bhakti 2020-2023, program yang diprioritaskannya, pertama membantu Kepengurusan Organisasi Persatuan Ummat Islam PUI yang di ketuai H. Wahidin, S.I.P, membuatkan Data Base Kepengurusan Ormas PUI, Wanita PUI, Pemuda PUI, Pegawai Lembaga Pendidikan PUI, Lembaga Pendidikan PUI dari mulai TK/RA, SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA, MDTA dan jemaah keanggotaan PUI yang selama ini tidak pernah terdata.

Kemudian yang kedua, membuat koperasi untuk seluruh jemaah/anggota organisasi PUI. Dengan dibuatnya koperasi ini, sesama jemaah/anggota akan lebih mempererat silaturahmi. Yang ketiga, lanjut Slamet, mengadakan training bagi kepengurusan Pemuda PUI, Lembaga Pendidikan PUI dan Hijar PUI.

“Karena bagaimanapun, training pengkaderan adalah tanggung jawab dari Pemuda PUI untuk generasi Persatuan Ummat Islam selanjutnya. Yang terakhir menjalin sinergitas dengan lebaga lembaga lain untuk membantu wirausahawan jemaah Persatuan Ummat Islam agar lebih profesional dalam menjalankan pengembangan usahanya,” jelasnya. (**)